Hidup di Rumah Ini, Anda Tak Perlu Bayar Listrik!

The Old Water Tower merupakan rumah ramah lingkungan dengan memanfaatkan tenaga surya yang diperoleh dari panel surya di atapnya.
The Old Water Tower merupakan rumah ramah lingkungan dengan memanfaatkan tenaga surya yang diperoleh dari panel surya di atapnya.

Rumah ramah lingkungan dan hemat energi mulai menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Salah satunya adalah rumah rancangan Gresford Architects di pedesaan Inggris.

Lokasinya di desa Berkshire dan bentuknya seperti rumah tradisional pada umumnya, sehingga menyembunyikan keistimewaan rumah itu.

Rumah dengan sebutan The Old Water Tower itu telah disertifikasi “Passivhaus”, sebuah titel yang diberikan pada bangunan dengan penggunaan metode penghangat dan pendingin alami, bukan dengan sistem elektrik.

Meski begitu, Gresford Architects, yang berkantor di London dan Oxford, enggan memberikan penampilan neko-neko kepada The Old Water Tower.

Hal itu didasari pada banyaknya bangunan dengan sistem serupa yang memiliki penampilan tidak ramah mata setiap orang yang melihatnya.

Oleh karena itu, tim dari Gresford Architects justru membangun The Old Water Tower dengan desain yang sesuai dengan suasana pedesaan.

“Kami bertujuan menciptakan sebuah rumah dengan desain berkelanjutan, namun kami juga melakukan pendekatan yang membuat orang-orang mempertimbangkan rumah ramah lingkungan untuk hidup berkelanjutan,” kata arsitek Gresford.

The Old Water Tower diibaratkan sebagai interpretasi modern dari lumbung bermaterial kayu dari daerah.

Selain itu, apabila dilihat dari jauh, The Old Water Tower dianggap sebagai bangunan agrikultural yang penuh dengan nilai tradisional dan kesederhanaan.

Struktur yang terdiri dari dua lantai ini memiliki atap runcing dan dilengkapi fasad kayu hitam bernoda.

Jendela dan pintu kaca dibuat di empat fasad yang ada, tetapi tiga di antaranya dibuat mengilap dengan tujuan untuk mencegah hilangnya panas di dalam rumah.

Sementara itu bukaan jendela dan pintu terkecil ada di fasad utara yang notabene menghilangkan panas paling banyak.

Elevasi timur juga memiliki bukaan kecil untuk menjaga privasi pemilik rumah.

“Tiga jendela mengilap dapat dibuka sehingga membongkar mitos ‘Passivhaus’ yang menyatakan bahwa rumah harus selalu tertutup,” imbuh Gresford.

Tim Gresford Architects juga meletakkan tirai eksternal di sebelah timur, selatan, dan barat dengan tinggi tertentu yang otomatis tertutup apabila suhu internal rumah mencapai 21 derajat celcius.

Tirai itu membuat The Old Water Tower terhindar dari kemungkian suhu terlalu panas atau overheating.

Atap rumah dilapisi dengan panel seng tegak. Tujuannya adalah untuk menjadikannya sebagai panel surya yang memungkinkan The Old Water Tower menghasilkan semua energi secara mandiri.

“Tinggal di rumah ini sama mudahnya dengan tinggal di rumah normal, namun bedanya hampir tidak ada biaya untuk pembayaran energi seperti listrik karena rumah ini sepenuhnya mandiri jika panel surya dipasang dengan baik di atap,” ungkap Gresford.

Tata letak ruangan di dalam The Old Water Tower hampir sama dengan rumah pada umumnya. Ruang tamu di lantai dasar dan kamar tidur serta kamar mandi di lantai atas.

Tangga yang berada di pusat rumah memisahkan ruang tamu, dapur, dan ruang makan. Selain itu, tangga itu juga membentuk sebuah ruang utilitas dan belajar di sudut rumah.

Di lantai atas terdapat empat kamar tidur dengan masing-masing kamar memiliki karakteristik yang berbeda.

Namun, keempatnya sama-sama memiliki tempat penyimpanan berupa loteng di atasnya untuk menciptakan suasana ruangan lebih luas lagi.

 

>> Baca Artikel Lainnya disini

(Sumber : http://properti.kompas.com)